Searching...
Saturday, February 20, 2016
12:43 AM 0

Mohon SEBARKAN Sebelum Nyawa Melayang!! Ternyata tidur mengarah kipas angin mengundang maut serta-merta


Sejak zaman berazaman, penggunaan kipas angin adalah salah satu cara alternatif untuk mengurangkan suhu ruang bilik agar tidak terlalu panas.

Cuma bezanya orang dahulu menggunakan kipas yang kurang kecanggihan teknologinya berbanding dengan kipas yang berada pada zaman sekarang yang membolehkan penggunaannya sepanjang malam.

Beberapa orang menggunakan kipas dengan angin yang mengarah langsung pada tubuh saat tidur, cara ini memang menyenangkan dan membuat tidur lebih lelap, tetapi angin yang terus menerus menerpa tubuh sepanjang malam juga merbahaya untuk kesihatan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Kali ini kami akan berkongsi kenapa penggunaan kipas yang dihalakan terus kepada tubuh kita boleh memudaratkan kesihatan.

1. Tubuh kekurangan oksigen

Bahaya yang paling serius dari menggunakan kipas angin saat tidur adalah tubuh jadi kekurangan oksigen. Hal ini terutama jika arah kipas angin langsung ditujukan ke wajah pada ruangan yang tidak memiliki fentilasi

2. Suhu tubuh menurun dengan mendadak

Tidur dengan kipas angin akan menurunkan suhu tubuh secara mendadak yang akan menyebabkan tekanan darah dan sistem pernafasan kita akan terganggu. Dan akibat paling menakutkan adalah fungsi jantung dan paru-paru tidak berfungsi secara optimum.

3. Mengalami hipotermia dan dehidrasi

Seorang pakar saraf, Dr. Wendra Ali, mengatakan saat seseorang berada dalam ruangan dingin dalam waktu yang lama maka tubuh akan mengalami kekeringan akibat udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Jika terjadi terus menerus sepanjang malam maka kelembaban tubuh akan menurun sampai akhirnya terjadi hipotermia.

4. Penyakit Bell Palsy

Penyakit ini disebut juga kelumpuhan, tapi bukan pada tubuh melainkan pada wajah. Orang yang sering tidur malam dengan kipas angin memiliki risiko peningkatan ketegangan pada sistem syaraf disebabkan suhu dingin yang menerpa wajah terus menerus sepanjang malam, akibatnya wajah jadi tegang, sulit senyum atau berekspresi

5. Menyebabkan kematian

Kematian mendadak dapat dialami oleh mereka yang menggunakan kipas angin sepanjang malam saat tidur, terutama pada ruangan yang tidak memiliki fentilasi untuk keluar masuknya udara. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kadar CO2 dan penurunan O2 dalam ruangan.

Demikian beberapa bahaya tidur menggunakan kipas angin. Sebaiknya jangan mengarahkan kipas secara langsung ke tubuh dan jangan tidur dalam ruangan yang jelek sistem fentilasinya.

Semoga bermanfaat. Mohon bantu share ya~

0 comments:

Post a Comment